Kamis, 23 Februari 2012

Karakteristik Pendidikan Inklusif

Karakteristik Pendidikan Inklusif :
  1.  Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK) belajar dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama dengan anak-anak lainnya ( normal).
  2. ABK memperoleh layanan pendidikan yang bermutu
  3. ABK memperoleh layanan pendidikan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya,Sistem pendidikan disesuaikan dengan kondisi anak.
Nilai positif Pendidikan Inklusif:
  1. meningkatkan peluang pemenuhan hak pendidikan bagi semua ( education for all)
  2. Meningkatkan peluang pemenuhan hak belajar bagi ABK.
  3. Proses pembelajran emosi sosial bagi ABK
  4. proses pembelajaran ( emosi-sosial-spiritual ) bagi orang " normal"
  5. Pendidikan bagi ABK yang lebih mudah dan efisien
disarikan dari Workshop peningkatan kualitas pembinaan pengelola rintisan sekolah inklusif ,diadakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan layanan Khusus Dikmen Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kemendikbud di Hotel Lorin,Solo,Februari 2012

Rabu, 22 Februari 2012

SEKOLAH INKLUSI

Latar belakang
  • seluruh negara di dunia masih menghadapi masalah dalam pendidikan ( jenisnya sangat beragam )
  • di negara - negara berkembang, masih banyak anak - anak yang tersisih/terdiskrimanasi dalam pendidikan
  • anak - anak yang tersisih dalam pendidikan diantaranya : anak miskin, di daerah terpencil,korban bencana, anak berkebutuhan khusus.
Pengertian Pendidikan Inklusi
Inklusi dipandang sebagai suatu proses untuk merespon keragaman kebutuhan semua peserta didik melalui peningkatan partisipasi dalam belajar dan kegiatan dalam masyarakat, serta untuk mengurangi eksekusi dalam pendidikan ( Booth,1996 ) Juang dalam workshop peningkatan kualitas pembinaan pengelolaan Rintisan Sekolah inklusif,solo 22,02.2012.